Begini Cara Bore Up Yamaha Jupiter-Z Untuk Turun Kelas Selembaran
Nih, buat ente yang berencana turun di ajang balap gopek (500) meter pakai Yamaha Jupiter-Z, bore up
Terutama untuk kelas bebas sid 250 cc paking selembaran.
Master Tjendana (MTj) yang bermarkas di Jl. Rajawali Sakti 2 No.9, Kel Dunguscariang, Kec Andir, Bandung (Jawa Barat), mau bagi-bagi jurus teknik dongkrak isi silinderJupiter jadi 232 cc.
Anda siapkan saja part-part yang dibutuhkan macam Honda CBR 150R, stang piston Yamaha V80, blok silinder dan sebagainya
Oke, sebelumnya yuk mari coba kita hitung-hitungan dulu nih.
Sejatinya, Jupiter-Z mengusung bore x stroke =51,0 mm x 54,0 mm (110,25 cc).
Nah, kalau hanya dijejali piston CBR 150R standar (63,5 mm), kapasitas silinder hanya terukur 170,9 cc.
"Ini pake piston CBR 150Ryang 67 mm," beber Chandra Sopandi, juragan MTj yang banyak garap mesin-mesin pacuan balap.
Loh, emang ada diameter segitu?
Indonesia gitu loh, yang gak ada bisa dibikin ada.
Yaitu, pake piston af termarket buat CBR oversize 350.
Malah ada yang produk OEM Honda yang pernah EM-Plus ulas.
Banderolnya sekitar Rp 225 ribu.
Tapi, kalo cuma pake piston 67 mm, kan cc-nya cuma jadi 190-an cc bos.
"Big end-nya juga saya geser 6 mm. Naik-turun jadi 12 mm (6mm x 2), sehingga total strokenya jadi 66," cuapnya.
Geser big end yang diterapkan Chandra ada triknya, biar pen kruk as gak terlalu minggir banget ke bibir bandul kruk asnya.
"Saya pake pen kruk asnya Yamaha V80.
Diamaternya lebih kecil 3 mm dari punya Jupiter (26 mm), yaitu hanya 23 mm," bebernya.
Karena pen kruk asnya lebih kecil, alhasil nyoak lubang dudukannya di kruk asJupiter untuk digeser keluar, tak terlalu banyak.
Oh iya, pemakaian stang seher V80 serta piston CBR 150R yang lebih pendek, juga bertujuan untuk mengakali bibir piston tidak nongol dari bibir liner.
Maklum, naik strokenya kan lumayan banyak.
"Trik ini bisa pake paking selembaran, atau tanpa paking
cara bore up mesin jupiter-Z pacuan balap
Reviewed by vina andria
on
August 09, 2020
Rating:
No comments: